Oktober 23, 2017

Detail Anggota KSI


Sources of Indonesia

Sources of Indonesia berdiri sejak 2005 di bawah kepemimpinan Renta Nababan (salah satu anggota pendiri Koalisi Seni Indonesia). Organisasi ini adalah kumpulan dari individu yang memiliki visi penguatan masyarakat berbasis keadilan pengelolaan lingkungan hidup. Organisasi ini menjalankan advokasi dengan komunikasi sebagai pendekatan utama. Itu sebabnya, divisi seni rupa dan teater menjadi bagian penting dari program lembaga ini. Sebelumnya pada 2004, SoI berfokus pada produksi film dokumenter sebagai materi kampanye perkembangan demokrasi pada komunitas. Namun setelah berdiri sebagai organisasi nirlaba, SoI memperluas cakupan keseniannya dengan tetap mempertahankan visi dan misi awal mereka. Sources of Indonesia mencoba mendorong terwujudnya masyarakat sejahtera yang berkeadilan sosial berlandaskan pada hak asasi manusia (HAM) dan demokrasi. Beberapa kegiatan yang diorganisasi oleh lembaga ini untuk mendekatkan seni pada masyarakat luas antara lain berupa pelatihan, pemutaran film dan advokasi. Darma Lubis, perwakilan dari SoI, adalah anggota pengawas Koalisi Seni Indonesia.

Kontak:

Jl. Aman I No. 20, Teladan, Medan, Sumatera Utara
+62-61-7332259
http://www.soindonesia.org
soi@soindonesia.org

Individu/Organisasi Terkait:

Renta Morina Evita Nababan adalah Direktur Eksekutif Source of Indonesia.  Sebelumnya, ia pernah bekerja sebagai CSO Yappika (2000—2007) dan Walhi Sumatera Utara (1994—1998) dan Walhi Esksekutif Nasional (1998—2000).  Sejak 2007 ia bekerja di Source of Indonesia. Ketika masih duduk di bangku SMU ia pernah beberapa kali menjuarai lomba baca puisi, pidato, dan tari tradisional di kawasan Sumatera Utara. Antara 2002 hingga 2005 ia aktif berkampanye tentang pluralisme yang diinisiasi oleh Yappika bekerja sama dengan gelanggang-gelanggang remaja di Jakarta. Sejak 2007 hingga sekarang ia menggagas terbentuknya komunitas Kota Medan.  Ia juga bertindak sebagai produser dalam sejumlah film dokumenter, di antaranya, Tetes Cinta Hemofilia.

 iren_areta@yahoo.com.

Darma Lubis adalah pegiat film dari Sumatera Utara. Dalam karya-karyanya ia percaya bahwa film memiliki peran mendidik masyarakat. Darma juga kerap menjadi pembicara dalam berbagai forum diskusi yang bertujuan mengembangkan potensi-potensi insan perfilman di Sumatera Utara yang belum banyak disorot. Selain memproduksi film, Darma Lubis aktif di Taman Budaya Sumatera Utara, Medan, dan pada Oktober 2012 menjadi juri dalam Federasi Teater Indonesia di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Darma Lubis, mewakili SoI, adalah salah satu pendiri Koalisi Seni Indonesia.

 darmalubis@gmail.com.