Januari 18, 2018

Diskusi Buku Filantropi Seni dan Kelas Penggalangan Dana untuk Kesenian di Makassar

Setelah Era Reformasi, kegiatan filantropi di Indonesia telah berkembang pesat, terutama dalam bentuk pengorganisasian dan alokasi sektoral. Kemajuan tersebut menciptakan peluang percepatan pembangunan terhadap bidang-bidang sosial di masyarakat, yang mana menjadi bagian pendukung dari agenda pembangunan pemerintah.

Sayangnya, perkembangan filantropi yang meningkat ini belum mendukung bidang kesenian. Dukungan filantropi masih teralokasi untuk bidang kesehatan, pendidikan, kemiskinan, dan sebagainya. Hal ini terbukti pada survei PIRAC mengenai pola perilaku menyumbang masyarakat dalam bentuk donasi dan sponsor. Seni budaya hanya disumbang oleh 3% responden penelitian. Dukungan untuk kesenian dari masyarakat sendiri melalui perilaku masih rendah

Lalu bagaimanakah iklim filantropi di Indonesia dan daya dukungnya terhadap kesenian serta bagaimanakah potensi filantropi sebagai alternatif pendanaan kesenian? 

Inilah yang akan dibahas dalam acara diskusi buku “Filantropi di Indonesia: Mengapa Tidak Untuk Kesenian?” yang akan diselenggarakan pada Rabu, 22 Februari 2017 di Tribun Timur, Makassar. Hamid Abidin, peneliti filantropi dan pendiri Sekolah Fundraising PIRAC akan menjadi narasumber dalam diskusi ini. Selain diskusi buku, pada hari yang sama akan diselenggarakan pula kelas Penggalangan Dana untuk Kesenian yang akan diampu oleh Hamid Abidin dan Linda Hoemar Abidin dari Koalisi Seni Indonesia. 

Penggalangan dana (fundraising) merupakan kegiatan yang sangat penting bagi komunitas dalam upaya mendukung jalannya program dan menjalankan roda operasionalnya. Karena perannya yang strategis, maka kegiatan fundraising seyogyanya mendapatkan perhatian khusus agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Pola penggalangan dana semacam ini terjadi karena minimnya pengetahuan dan pemahaman aktivis organisasi sosial terhadap berbagai aspek fundraising, khususnya metode penggalangan dana dari sumber daya lokal. Oleh karena itulah, kelas ini diadakan.

Kedua acara ini terselenggara berkat kerjasama Koalisi Seni Indonesia dengan Tribun Timur dan Filantropi Indonesia. Acara ini gratis dan terbuka bagi umum. Bagi teman-teman yang ingin mengikuti acara ini, silakan langsung datang ke Tribun Timur, lantai 4. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan menghubungi Boby (085241776363) atau Caca (087785147595).

Related posts