Desember 14, 2017

Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

Festival Nan Jombang Tanggal 3 dan KABA Festival

3 Februari 2015 - 3 November 2015

nan jombang

 

Festival Nan Jombang Tanggal 3 tahun 2015 sudah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk pendokumentasian dan pelestarian seni tradisi budaya Minangkabau. Penyelenggaranya adalah Nan Jombang Dance. Sebuah kelompok tari di Padang yang rutin memproduksi karya-karya tari modern dengan berdasar pada tradisi Minangkabau. Dalam prosesnya, mereka dibantu pula oleh Ranah Teater, Impessa Dance Company, Langkok Grup dan Parewa Limo Suku.

Kegiatan ini sendiri menjadi kritik bagi pemerintah daerah yang dianggap kurang perhatian pada dunia kesenian di ranah Minang. “Ini merupakan sentilan yang mendalam. Beberapa hari lalu dalam pertemuan dengan ninik-mamak serta bundo kanduang se-Sumatera Barat yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata selama empat hari, kita telah membahas perlunya menampilkan seni tradisi budaya Minangkabau. Karena di Minangkabau itulah terletak budayanya. Jadi, jika hilang budaya, maka hilanglah Minangnya,” ungkap Mahyeldi dari pihak Pemerintah Kota Padang[1].

Dari semangat inilah, kemudian lahir Festival Nan Jombang Tanggal 3. Sebuah kegiatan budaya yang rutin diadakan setiap tanggal 3 tiap bulannya. Bertempat di Ladang Nan Jombang Rimbo Tarok, Gunung Sariak, Kuranji, Padang, acara ini dimeriahkan oleh serangkaian pertunjukan. Beberapa diantaranya adalah pertunjukan Ulu Ambek, Rabab Parisia, Diki Pano, dan Ronggeng Pasaman. Selain itu, ditampilkan pula pementasan tari dari Sariak Sati, seperti Tari Kain, Tari Buai-Buai, dan Tari Piriang.

KABA (Minangkabau Bailau) Festival lalu lahir untuk melengkapi Festival Nan Jombang Tanggal 3. Acara yang digagas oleh para seniman yang membentuk kelompok “Gelombang Minangkabau” ini diselenggarakan selama 3 hari di bulan Desember, tepatnya di tanggal 3-9 Desember. Pada 2015, KABA Festival akan dihadiri oleh 7 seniman, meningkat dari tahun 2014 yang hanya menampilkan 5 pertunjukan. Tujuannya satu: “Ini untuk memperlihatkan seniman Minangkbau terus berkarya,” kata Joni Andra, koreografer dari Impessa Dance Company[2]

[1] http://padangmedia.com/10-Berita/79639-Program-Budaya-Festival-Nan-Jombang-Tanggal-3-Diluncurkan.html

[2] http://ranahberita.com/43935/nan-jombang-tanggal-3-hadirkan-ulu-ambek-dan-rebab-pesisir

Detil

Mulai:
3 Februari 2015
End:
3 November 2015
Event Category:

Venue

Ladang Tari Nan Jombang
Belakang Perumahan POLDA Balai Baru Padang
Padang, Sumatera Barat Indonesia
+ Google Map
Situs Web:
http://www.nanjombangdance.com