Oktober 20, 2017

Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

Festival Tari Merak 50 Tahun

4 Juni 2015 - 28 Agustus 2015

 

Festival Tari Merak 50 Tahun

Merujuk pada keindahan alam dan kekayaan seni dan budayanya yang nyata, Gubernur Jawa Barat telah mencanangkan Jawa Barat untuk menjadi “Tujuan Wisata Indonesia Kedua Sesudah Bali”. Suatu impian yang tidak berlebih-lebihan, bila saja semua potensi pariwisata yang ada di Jawa Barat dapat didayagunakan untuk mendukung perwujudan mimpi ini. Pemerintah, seniman, pengusaha dan masyarakat harus mampu bekerjasama dan saling dukung.

Tari Merak yang diciptakan Irawati Durban pada tahun 1965, telah tersebar luas hingga ke mancanegara, dan kini menjadi komoditi pariwisata yang penting dari Jawa Barat. Dengan berjalannya waktu, Tari Merak yang tampil anggun dan mengagumkan di panggung dalam dan luar negeri, untuk mengharumkan nama Bandung, Jawa Barat dan Indonesia, telah dianggap sebagai salah satu “ikon Jawa Barat”

Dalam rentang waktu lima dekade, selama itu pula Tari Merak telah memberi jalan kehidupan, kesenangan, manfaat dan kebahagiaan kepada semua pihak yang terlibat dalam lingkup lokal, nasional dan internasional. Suatu perjalanan waktu yang panjang dalam menebar keindahan dan kebahagiaan bagi penontonnya.

Maka dari itu, kiranya tidak berlebihan bila kehadirannya disyukuri dengan membuat suatu rangkaian acara kegiatan pada bulan Juni dan Agustus 2015, sebagai suatu “Reuni Akbar” bagi pakar ilmu seni/birokrat/pemerhati seni/praktisi tari/pembuat kostum/penanggap “Tari Merak”.

Pelaksanaan acara diwadahi oleh suatu kolaborasi antara Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD Universitas Pendidikan Indonesia/UPI), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, dan Yayasan Pusat Bina Tari (Pusbitari).

Untuk lebih lengkapnya terkait rangkaian acara, silakan klik tautan berikut
Festival Tari Merak 50 Tahun 

Detil

Mulai:
4 Juni 2015
End:
28 Agustus 2015
Event Category:

Venue