Juni 19, 2018

Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

Filantropi di Indonesia: Mengapa Tidak Untuk Kesenian?

7 Oktober 2016

Setelah Era Reformasi, kegiatan filantropi di Indonesia telah berkembang pesat. Model kedermawanan dan penggalangan sumber daya yang ada mengalami transformasi menjadi lintas kelompok dan lebih terorganisir. Kemajuan tersebut menciptakan peluang percepatan pembangunan terhadap bidang-bidang sosial di masyarakat, yang mana menjadi bagian pendukung dari agenda pembangunan pemerintah.

Sayangnya, perkembangan filantropi yang meningkat ini belum mendukung bidang kesenian. Dukungan filantropi masih teralokasi untuk bidang kesehatan, pendidikan, kemiskinan, dan sebagainya. Hal ini terbukti pada survei PIRAC mengenai pola perilaku menyumbang masyarakat dalam bentuk donasi dan sponsor. Seni budaya hanya disumbang oleh 3% responden. Meski prosentasi tersebut kecil, sumbangan untuk seni budaya dalam jumlah nominal telah meningkat sampai pada nominal Rp. 275.830/orang/tahun (2007).

Ternyata, dukungan dari masyarakat melalui perilaku menyumbang untuk kesenian masih rendah. Satu-satunya peraturan di Indonesia yang memberi keringanan insentif pajak untuk kesenian adalah PP No.93/2010, di mana item ‘seni budaya’ berada di dalam kategori sumbangan sosial. Seharusnya kebijakan pendanaan untuk kesenian ini disikapi serius oleh pemerintah. Poin tentang insentif khusus untuk memperkenalkan dan mengangkat kebudayaan lokal menjadi turunan kegiatan dalam Agenda Prioritas – Nawa Cita Presiden, yaitu “Memperteguh Kebhinekaan dan Revolusi Sosial”.

Hampir seluruh negara demokratis di dunia memiliki mekanisme yang jelas dalam mengembangkan seni budaya mereka. Kesenian dipandang berkontribusi mengangkat nilai-nilai kemanusiaan dan bagian dari restorasi sosial yang sehat. Mengingat pentingnya peran kesenian dalam pembangunan manusia di Indonesia, sektor ini perlu mendapatkan dukungan sumber daya baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Pertanyaannya kemudian, mengapa filantropi di Indonesia tidak untuk kesenian?

Hadiri peluncuran dan diskusi bukunya pada Jumat, 7 Oktober 2016 di Jakarta Convention Centre.

Registras: www.festivalfilantropi.org

Detil

Tanggal:
7 Oktober 2016
Event Category:
Event Tags:

Venue

Jakarta Convention Center