April 27, 2018

Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

Lokakarya Melek Anggaran Seni – Mataram

14 September 2016 - 15 September 2016

Masalah umum yang kerap dihadapi komunitas seni di Indonesia adalah ketidakjelasan anggaran kesenian, baik besarannya, peruntukannya maupun di instansi mana dana tersebut berada. Ketidakjelasan soal anggaran ini antara lain muncul dari kurangnya transparansi anggaran terkait sektor seni dan budaya, serta belum banyaknya pegiat seni yang menaruh perhatian soal ini.

Berdasar pada situasi ini, Koalisi Seni menyelenggarakan Lokakarya Melek Anggaran Seni di beberapa kota di Indonesia. Lokakarya ini diadakan untuk memberikan pemahaman dasar tentang anggaran di sektor kebudayaan kepada peserta agar mereka mampu mendorong transparansi dan akuntabilitas anggaran kebudayaan di daerah masing-masing. Karena itu, materi yang disampaikan terkait erat pula dengan strategi partisipasi dalam siklus perencanaan dan penganggaran, seperti dalam Musrenbang (Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan).

Pada April dan Mei 2016, Lokakarya Melek Anggaran Seni telah diadakan dua kali. Seri pertama diadakan di Palu dengan melibatkan jaringan FITRA (Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran), yaitu KPPA (Komisi Peduli Perempuan dan Anak) Sulawesi Tengah. Sedangkan, seri keduanya diadakan di Makassar dengan melibatkan pula jaringan FITRA, yaitu YASMIB (Yayasan Swadaya Mitra Bangsa) Sulawesi Selatan, dan Tribun Timur sebagai tempat penyelenggaraan. Saat itu, masing-masing seri lokakarya, dihadiri oleh sekitar 15 peserta dengan beragam profesi, seperti pegiat seni, mahasiswa, dan aktivis LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), dimana pemilihan peserta dilakukan melalui undangan.

Kini, Lokakarya Melek Anggaran Seni menginjak seri ketiganya. Bertempat di Taman Budaya Mataram, lokakarya ini mengundang sekitar 15 peserta dari beragam lembaga untuk ikut serta, termasuk Dewan Kesenian NTB dan Dewan Kesenian Lombok Tengah. SOMASI (Solidaritas Masyarakat untuk Transparansi) kemudian menjadi mitra kerja Koalisi Seni di Mataram terkait lokakarya ini. Dalam lokakarya ini, peserta dan pemateri akan bersama-sama memetakan permasalahan anggaran seni budaya di Mataram, membaca APBD beserta siklus penganggarannya, serta menyusun strategi advokasi anggaran di Mataram. Acara akan berlangsung dua hari, yaitu 14-15 September 2016.

 

Informasi lebih lanjut:
Oming Putri (083 834 995 606)
omingputri@koalisiseni.or.id

Detil

Mulai:
14 September 2016
End:
15 September 2016
Event Category:
Event Tags:
, ,

Venue

Taman Budaya Mataram
Jl. Majapahit, Kec. Mataram, Nusa Tenggara Barat
Mataram, Indonesia
+ Google Map