Oktober 18, 2018

Kegiatan Mendatang: Perkaya Artikel Kesenian Lewat Wikilatih

Pengetahuan merupakan hak semua insan manusia. Pengetahuan sendiri seharusnya tidak ekslusif dan diperuntukkan untuk golongan tertentu saja. Perkembangan pengetahuan yang semakin cepat membutuhkan kesigapan baik dari pihak pengelola pengetahuan dan juga pemanfaat pengetahuan.

Wikipedia menjadi salah satu gudang pengetahuan yang bisa dimanfaatkan dengan cepat. Hal ini dimungkinkan dengan adanya urun daya dalam pengelolaan konten di dalamnya. Pengguna yang merupakan sukarelawan membagi secuil pengetahuannya untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Semakin banyak orang menyumbang pengetahuan melalui Wikipedia, maka konten Wikipedia pun semakin lengkap dan semakin berimbang. Beragamnya sudut pandang dan sumber acuan juga semakin melengkapi tingkat kebahasaan suatu artikel.

Untuk memperkaya artikel kesenian di Wikipedia, Koalisi Seni Indonesia bekerjasama dengan Dusun Flobamora Kupang dan Wikimedia mengadakan Wikilatih. Kegiatan ini termasuk dalam program Cultural Hotspots. Wikilatih diadakan untuk membantu pengguna baru, dalam hal ini yang berasal dari komunitas seni. Lewat kegiatan ini, pengguna baru diharapkan dapat membuat artikel baru atau mengembangkan artikel lama sehingga bisa memperkaya artikel kesenian termasuk pelaku seni dalam ensiklopedia daring, yaitu Wikipedia. Kali ini, Wikilatih akan diselenggarakan di Kupang, tepatnya SMP ST Yoseph Kupang pada 20 Juli 2017.

Artikel yang sudah masuk di Wikipedia diharapkan dapat menjadi arsip pengetahuan dan kelak bisa dikembangkan oleh pengguna lain serta berguna sebagai gerbang awal pencarian topik-topik kesenian. Konten pengetahuan yang termuat dalam hasil artikel Wikilatih kemudian akan disumbangkan ke situs Direktori – Dinas Pariwisata Prov. Nusa Tenggara Timur 

Dalam satu hari pelatihan pengguna diharapkan bisa menghasilkan beberapa keluaran berikut:

1. Mempunyai akun di Wikipedia (akun harus dibuat sebelum acara)
2. Membuat profil diri singkat di Wikipedia
3. Membuat dua artikel baru rintisan dengan topik kesenian (minimal 3 kalimat dan dua rujukan)
4. Mengembangkan satu artikel dengan topik kesenian (minimal dua rujukan, baik sumber daring (online) maupun luring (offline), bisa berupa buku, majalah dan sumber cetak lainnya)
5. Memahami sistem kerja dasar Wikipedia (peraturan, format penulisan, kategorisasi, sumber rujukan)
6. Mampu mengunggah dan memanfaatkan gambar yang tersedia di Wikimedia Commons
7. Mampu berinteraksi dengan pengguna lain

Bentuk kegiatan adalah presentasi dan praktik langsung.  Materi-materi yang akan dilokakaryakan adalah:

1. Pengenalan tentang Wikipedia dan proyek Wikimedia lainnya
2. Praktik pembuatan profil pengguna
3. Praktik pembuatan artikel baru
4. Praktik pengembangan artikel lama
5. Pengenalan dan praktik sistem kerja Wikipedia dan Wikimedia Commons
6. Praktik interaksi dengan pengguna lain

Bagi teman-teman yang ingin ikut atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang acara ini, bisa menghubungi Caca (0877-8514-7595) atau Abdul Djou (0852-5331-7257).

 

 

Related posts