Oktober 23, 2017

Residensi Seniman di Desa Koto Lamo

Pada tanggal 7 hingga 13 Maret 2017, Koalisi Seni Indonesia bekerjasama dengan Komunitas Sikukeluang mengadakan residensi seniman di Desa Koto Lamo. Total ada sepuluh seniman yang ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka adalah Sheila Rooswitha (Jakarta), Annisa Rizkiana (Yogyakarta), Reza Mustar (Jakarta), Novan Effendy (Gresik), Diela Maharani (Jakarta), Marishka Soekarna (Jakarta), Ayu Dila (Jakarta), Bambang Prihadi (Jakarta), Yoshi Fajar (Yogyakarta), dan Oktav Bagus (Semarang).

Pemilihan Desa Koto Lamo sebagai tempat residensi berkaitan dengan ancaman penggusuran dari industri sawit terhadap desa ini termasuk kawasan hutan Rimbang Baling yang mengelilinginya. Dengan menjadikannya tempat residensi seniman, penyelenggara berharap seniman dapat membantu mempromosikan kawasan hutan Rimbang Baling sebagai salah satu hutan asli yang tersisa di Sumatera, membantu warga Desa Koto Lamo mengembangkan potensi seni budaya mereka menjadi mata pencaharian alternatif, hingga melantangkan suara penyelamatan Rimbang Baling (#saverimbangbaling) agar semakin banyak orang tergerak untuk turut menyuarakan perlindungan kawasan ini.

Dalam prosesnya, setiap seniman memiliki pendekatan mereka sendiri dalam merespon Desa Koto Lamo dan hutan Rimbang Baling. Marishka Soekarna, misalnya. Ia memutuskan untuk mengadakan lokakarya kolase bersama anak-anak dan para ibu Koto Lamo, dibantu oleh Ayu Dila dan Diela Maharanie. Mereka pun membuat mural di salah satu dinding rumah warga. Tentu saja dengan seijin pemiliknya.

“Sesi kedua workshop kami kali ini bersama ibu-ibu Koto Lamo. Bersama @ayudilamar juga dibantu @dielamaharanie, kita menghias totebag dengan kain-kain perca dan sulam menyulam bersama ibu-ibu. Senang antusiasnya besar, Datuknya juga tidak menyangka akan seramai ini datang,” tulis Marishka di akunnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang kegiatan para seniman di Desa Koto Lamo? Klik di sini untuk mengakses beberapa dokumentasi kegiatan yang kami kumpulkan dari akun instagram beberapa seniman, yaitu @komikazer, @drawmama, @dielamaharanie, @sheilasplayground, dan @autonica. Baca juga catatan Annisa Rizkiana tentang kegiatannya di Desa Koto Lamo dalam artikel “Sebuah Catatan dari Anak-Anak Koto Lamo“. Terima kasih untuk para seniman yang telah berpartisipasi dalam residensi ini. 

Related posts