Agustus 19, 2019

Hikmat Darmawan

Hikmat_Darmawan_5

Hikmat Darmawan dikenal sebagai pakar komik dan pengamat budaya pop, serta telah menulis berbagai esai dan buku dalam bidang ini. Latar belakang pendidikannya adalah Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Selama ini, ia sering menulis kolom untuk Koran Tempo, Gatra, Majalah Tempo, Kompas, dan Visual Art. Ia juga pernah menjabat sebagai editor Majalah Madina, menjadi penerjemah dan editor lepas, serta sempat menekuni posisi sebagai manajer program di MP Book Point.

Pada tahun 2010, Hikmat terpilih menjalani penelitian mengenai dampak globalisasi pada subkultur manga di Jepang dan Thailand dalam program Asian Public Intellectuals Fellowship dari Nippon Foundation.

Kiprahnya dalam dunia kuratorial meliputi pameran komik untuk Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Frankfurt Book Fair pada 2015, dan Europalia Arts Festival pada 2017 di Belgia. Ia pun turut mendirikan berbagai organisasi yang bergerak di bidang seni budaya seperti Musyawarah Burung, Akademi Samali, dan Pabrikultur. Saat ini, Hikmat adalah Ketua Komite Film DKJ.

Di Koalisi Seni Indonesia, Hikmat menjabat sebagai Wakil Ketua Pengurus.

Kontak:

social19 @hikmatdarmawan

facebook29 hikmat.darmawan