Oktober 24, 2019

Linda Hoemar Abidin

foto

Sejak berusia tiga tahun, Linda Hoemar Abidin sudah belajar tari balet klasik di Berlin, Jerman. Ketika pulang ke Indonesia pada 1973, Linda melanjutkan belajar di sekolah balet Nritya Sundara, Jakarta. Seusai SMA, Linda mengambil program pendidikan tari di Alvin Ailey American Dance Center, New York, Amerika Serikat. Tamat belajar, ia langsung diterima sebagai penari utama di Elisa Monte Dance Company, New York.

Di puncak kariernya pada 1992, Linda justru memilih serius belajar manajemen seni di AS dan berhenti dari kegiatan menari. Ia mewujudkannya dengan mengambil program master manajemen seni, di Teachers College, Columbia University. Pulang dari AS, pada 1999 Linda merintis pengembangan manajemen seni. Bersama sejumlah pelaku seni ia mendirikan Dewan Pengurus Yayasan Kelola, lantas dipercaya sebagai Ketua Dewan.

Sejak tahun 2015, Linda tergabung dalam Filantropi Indonesia sebagai Anggota Divisi Advokasi dan Fasilitasi. Sebagai perwakilan Koalisi Seni Indonesia, pada tahun 2017 Linda turut menandatangani perjanjian komitmen bersama dengan Bekraf dan Filantropi Indonesia tentang klaster filantropi kesenian dan kebudayaan Indonesia. Kesepakatan ini bertujuan meningkatkan jumlah platform pertemuan antar pengguna dana dan sumber dana dalam sektor kesenian dan kebudayaan.

Di Koalisi Seni Indonesia, Linda menjabat sebagai Bendahara Pengurus.

Kontak:

close13 lhabidin@gmail.com