Juni 18, 2019

Nya Ina Raseuki

1313462031423

Nya Ina Raseuki, yang lebih dikenal dengan nama Ubiet, adalah anggota grup musik Krakatau. Sebagai penyanyi, Ubiet menjelajahi berbagai jenis genre musik. Dari musik populer seperti pop dan jazz, sampai dengan musik yang bertolak dari aneka khazanah tradisi Nusantara dan musik kontemporer. Ia telah bekerja sama dengan banyak pemusik, grup musik, dan komposer. Bersama Tony Prabowo, seorang komposer musik kontemporer Indonesia yang dikenal di khazanah dunia, ia menghasilkan aneka pementasan dan rekaman.

Saat ini Ubiet adalah salah satu pengajar di program pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ), tempat ia memperoleh gelar S1 dalam bidang Vokal-Musik di tahun 1989. Dengan keahlian dan kredibilitasnya sebagai Doktor Etnomusikologi, Ubiet kerap menjadi anggota dewan juri untuk pendanaan hibah seperti Cipta Media Ekspresi dan Pundi Budaya, yang merupakan kerja sama Indonesia untuk Kemanusiaan dan Koalisi Seni Indonesia.

Ia juga sering terlibat dalam sektor seni lainnya, semisal saat mengiringi pembacaan puisi oleh Sapardi Djoko Damono dengan nyanyian pada peluncuran novel Sapardi di 2018. Begitu juga dengan pagelaran teater Indonesia Kita berjudul Brigade Orgil (2018) bersama mahasiswa dan pengajar IKJ lainnya. Selain itu, Ubiet pun turut mengiringi pagelaran mode dari perancang Edward Hutabarat.

Di Koalisi Seni Indonesia, Ubiet menjabat sebagai Anggota Pengawas.

Kontak:

close13 ubietraseuki@yahoo.com