Juni 18, 2019

Yayasan Umar Kayam

Yayasan Umar Kayam (YUK) adalah lembaga nirlaba yang menjadi wadah bertemunya orang dari berbagai latar belakang budaya, etnik, dan keyakinan yang berfokus pada kerja-kerja mediasi, terutama media seni dan budaya. Berdiri sejak 2006 dan dipimpin oleh Kusen Alipah Hadi, YUK menghadirkan ruang kajian mengenai kebudayaan dan seni, serta tempat pengasahan ketajaman rasa dan pikir. Di samping itu, bersama lembaga-lembaga kesenian lainnya, YUK juga mendorong perbaikan infrastruktur kesenian di Indonesia. Kegiatan YUK mencakup seminar dan pelatihan, mediasi, penelitian, penampilan seni, pengelolaan perpustakaan, dan basis data. YUK membuka kesempatan beasiswa penulisan bagi penulis muda atau guru, khususnya bidang seni dan budaya.

Kontak:

home63 Perum Sawitsari Blok I, No. 3, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta

phone16 +62-274-885887


 

Individu terkait:

Kusen Alipah Hadi adalah seorang antropolog yang juga aktif sebagai manajer acara-acara seni dan kerap menjadi aktor pertunjukan teater. Pada 2006, Kusen mendirikan Yayasan Umar Kayam untuk menghadirkan ruang bagi kajian seni dan kebudayaan, dan menjadi menjadi direktur yayasan tersebut hingga kini.

Kusen adalah salah satu anggota dewan pengawas Yayasan Biennale Yogyakarta, yang setiap dua tahun menyelenggarakan Biennale Jogja. Ia merupakan salah satu penggagas Festival Pasa Harau di Nagari Harau, Sumatera Barat, yang pertama kali diselenggarakan pada 2016.

Kusen adalah salah satu pendiri Koalisi Seni Indonesia, dan kini menjabat sebagai Wakil Ketua Pengurus.

Kontak:

close13 kusenhadi@yahoo.com