Juni 24, 2019

Manifesto

Koalisi Seni Indonesia adalah lembaga berbadan hukum yang berbentuk perkumpulan yang bergerak di wilayah Republik Indonesia.

Koalisi Seni Indonesia berdiri sebagai perkumpulan yang bertujuan untuk mendukung pengembangan kesenian di Indonesia. Inisiatif ini dimulai karena adanya kesadaran terhadap pentingnya nilai seni dalam kehidupan masyarakat sipil. Seni menegaskan kesamaan ummat manusia sekaligus meneguhkan kekhasan kaum atau bahkan pribadi yang menciptakan karya itu. Kekuatan seni lah yang ikut menjadi inti peradaban dan kebudayaan, sehingga ketika sebuah kebudayaan dan peradaban melapuk, hanya artefak seni dan intelektualnya yang bertahan menahan gerusan waktu dan tak jarang ikut membentuk jaman yang datang sesudahnya.

Kekuatan seni yang besar itu mengejawantah dalam bentuk seni sebagai katarsis komunal dan pengukuh solidaritas sosial, yang bergerak seiring dengan penggerusan kecenderungan fanatisme dan fundamentalisme dalam masyarakat. Kekuatan itu juga muncul dalam seni sebagai gaya dan pandangan hidup dari generasi yang sedang tumbuh, pengukuh identitas dari masyarakat atau bangsa yang membenihkan dan menghidupkannya. Begitu pula aspek kepengrajinan dan keterampilan seni menjadi kekuatan penyokong dan pemberdayaan ekonomi yang sumbangannya kian besar bagi pendapatan Negara yang mampu mengatasi penyempitan lapangan kerja dan berbagai gelombang perubahan sosial ekonomi yang menghempas.

Kurang memadainya perhatian pemerintah terhadap pengelolaan kekuatan besar seni dan budaya, serta membesarnya tuntutan untuk ikut membentuk iklim yang memungkinkan rimbunnya ciptaan dan kegiatan artistik di Tanah air, telah menautkan sejumlah lembaga seni yang punya jejak rekam panjang untuk membentuk sebuah koalisi seni.

Koalisi Seni ini adalah benih dari institusi yang bertujuan menyalurkan energi artistik dan kultural di Tanahair dengan lebih baik agar segenap potensi artistik dan kultural itu bisa mewujudkan kekuatannya secara optimal. Tujuan itu akan dicapai antara lain dengan cara mengupayakan terbentuknya sistem yang mempermudah mobilisasi dana negara dan masyarakat untuk pengembangan kesenian dan kebudayaan, melakukan pembacaan yang seksama atas politik kesenian dan kebudayaan, dan menyusun strategi pengembangan infrastuktur kesenian dan kebudayaan yang berjangkauan cukup luas.

Upaya ini adalah bagian dari gerakan yang meneguhkan kehidupan seni di Tanahair dan berusaha menyumbang lebih banyak bagi khazanah seni dunia. Kehidupan artistik dan kultural yang sehat niscaya akan menularkan kekuatan yang segar pada kehidupan berbangsa dan bernegara, membuat daya cipta di masyarakat berkembang subur sehingga mampu memecahkan masalah-masalahnya dengan penuh martabat.

— Manifesto ini tercantum dalam Akta Pendirian Koalisi Seni Indonesia.