Advokasi

Dana Abadi Kesenian

Dimulai: 2014
Tujuan:

Mendorong pembentukan Dana Abadi Kesenian dan pelaksanaannya

Pemangku Kepentingan:

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, komunitas seni

Status:
  • Peraturan Dana Abadi Kebudayaan tengah dirumuskan oleh Kemendikbud dan Kemenkeu

Salah satu mandat Koalisi Seni sejak awal pendirian adalah mendorong terbentuknya Dana Abadi Kesenian. Misi ini semakin relevan setelah riset Keberlangsungan Lembaga Seni di 8 Kota pada 2016 menemukan bahwa pendanaan merupakan tantangan utama penyelenggaraan aktivitas seni.

Dalam perkembangannya, advokasi RUU Pemajuan Kebudayaan menjadi wahana utama untuk mewujudkan Dana Abadi Kesenian. Hal ini tercapai ketika UU Pemajuan Kebudayaan yang disahkan pada 2017 menyatakan–kendati dengan sedikit berbeda–bahwa pemerintah harus membentuk suatu Dana Perwalian Kebudayaan. Saat ini, peraturan turunan Dana Perwalian Kebudayaan tengah digodok oleh pemerintah.

Untuk menunjang advokasi Dana Abadi Kesenian, Koalisi Seni juga mendorong partisipasi dan filantropi seni dari publik maupun pihak swasta. Salah satu upaya ini adalah membentuk Klaster Filantropi Kesenian dan Kebudayaan pada 2017 bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) serta Filantropi Indonesia.

  • “Kita berharap gerakan pemerintah dan seniman akan dapat memperkuat tidak hanya kepedulian, tapi juga posisi Indonesia di peta dunia dalam meningkatkan martabat bangsa. Presiden telah menyampaikan untuk membuat dana abadi untuk kebudayaan dan seni, dan tugas saya sebagai Menteri Keuangan untuk mewujudkannya.”

    Sri Mulyani Menteri Keuangan Indonesia
  • “Kami lakukan globalisasi budaya Indonesia agar lebih terkenal dan berkembang. Kami akan siapkan Dana Abadi Kebudayaan.”

    Ma’aruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024

KABAR ADVOKASI INI

Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X