Gustaff Hariman IskandarAnggota Pengawas

    Gustaff Harriman Iskandar adalah seorang seniman, penulis, dan kurator yang tinggal dan bekerja di Bandung. Lahir pada tahun 1974, Ia lulus dari Jurusan Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung pada tahun 1999. Sejak lulus sampai sekarang, Gustaff aktif dalam berbagai kegiatan seni budaya, termasuk manajemen seni.

    Pada tahun 2000, Gustaff Harriman Iskandar menginisiasi serta mengelola majalah Trolley, media independen yang aktif mewartakan informasi tentang praktik dan perkembangan seni kontemporer, desain, musik, busana, visual, dan teknologi media. Pada 2001, bersama rekan-rekannya, Ia mendirikan Bandung Center for Media Arts, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pengembangan seni media dan praktik seni multidisiplin. Pada 2006, Organisasi tersebut berubah menjadi Common Room Networks Foundation (Common Room), sebuah platform terbuka yang menghubungkan individu, komunitas, dan organisasi untuk mengembangkan kolaborasi di bidang kreativitas dan inovasi.  

    Di antara aktivitas-aktivitas tersebut, Gustaff Harriman Iskandar rajin mengikuti berbagai kegiatan kesenian dalam skala lokal maupun global, baik itu sebagai peserta, pemakalah, atau pengisi program. Kegiatan tersebut antara lain menjadi pemakalah dengan judul Fuck You! We’re From Bandung di Kongres Kebudayaan V (Bukittinggi, 2003); mengisi workshop bersama 3 rekannya di perhelatan International Symposium for Electronic Arts (ISEA) dengan tajuk Bandung-Helsinki: City Surgery (Helsinki, 2004); mengurus penyelenggaraan The 3rd Asia-Europa Art Camp (Bandung, 2005); dan masih banyak lagi. Kiprah Gustaff di bidang kesenian diganjar dengan beberapa penghargaan, yaitu Indonesian Young Creative Entrepreneur of The Year” (2007) dari British Council dan Kepeloporan Komunitas Kreatif(2008) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

    Sejak tahun 2013, Ia bersama dengan Common Room mengembangkan platform kolaborasi kota desa yang melibatkan beberapa anggota masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar. Kegiatan ini mengadopsi pengembangan infrastruktur internet berbasis komunitas dan pemanfaatan teknologi digital untuk membantu proses komunikasi dan inovasi sosial yang inklusif. Hal ini dilakukan karena masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar memiliki akar identitas, budaya, tradisi pertanian, serta lingkungan hutan yang sangat unik. Pemanfaatan teknologi internet dan platform digital di lingkungan masyarakat Kasepuhan Ciptagelar diharapkan dapat membantu menghilangkan kesenjangan pembangunan antara kota dan desa.  

    Di Koalisi Seni, Gustaff Harriman Iskandar adalah Anggota Komite Pengawas.

    Ayo Percepat Perubahan

    Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

    Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

    Donasi Anda
    There are no products in the cart!
    0
    X