/   
CushCush Gallery
Denpasar

Bali

CushCush Gallery (CCG) adalah ruang kolaborasi alternatif yang merangkul interaksi dan kreativitas desain + seni kontemporer lintas disiplin pertama di Denpasar, Bali. Sejak 2016, CCG telah menghadirkan program-program kolaborasi sebagai sumbangsih pengembangan ekosistem seni dan kreatif di Bali ke arah yang semakin baik melalui eksplorasi seni, desain, material, teknik, kerajinan, dan lokakarya. 

 

Selain merangkul komunitas kreatif, CCG juga bercita-cita menjembatani masyarakat dengan seni dan kreatifitas agar terbangunnya komunitas kreatif, kolaborasi, dan pendidikan kreatif yang menjadi tiga visi utama CCG. Bagi Jindee Chua, arsitek, desainer, dan salah seorang pendiri, CCG menjadi oase kecil yang merawat ekosistem seni di tengah hiruk-pikuk Kota Denpasar.

 

Di tangan Jindee Chua dkk, tempat yang semula bekas pabrik garmen disulap menjadi galeri utama dengan 3 studio kecil, untuk ruang pameran, peletakan objek desain furniture limited edition, dan lokasi beragam program, di antaranya, program tahunan CCG untuk para aktor industri kreatif dan publik: DenPasar Art + Design program, serta program yang didedikasikan untuk anak-anak Charcoal for Children. Selain itu, ada pula program artist/designer in residence yang mengajak seniman dan desainer luar bali untuk menggali, eksplorasi diri dan mengenalkan skenario kreatif Bali sehingga terjalin networks dan pertukaran pengetahuan/ide. Ada juga Bali Arts + Design Guide, sebuah publikasi yang fokus memperkenalkan venue, tokoh, dan event seni dan desain di Bali mengajak publik untuk menjadi bagian aktif dari perkembangan seni rupa dan desain di Bali. Kegiatan-kegiatan inklusif semacam ini dirancang oleh CCG sebagai wadah bagi para seniman, komunitas lokal maupun internasional, dan masyarakat untuk dapat berdiskusi, berkolaborasi, berkarya, serta bersama-sama mengapresiasi seni.

 

Di tengah pandemi Covid-19, CCG tetap aktif menginisiasi dan menyeleggarakan program berbasis seni dan kreatif via daring, seperti webinar Arts Management in Indonesia, workshop Penulisan DenPasar2020: Regeneration, dan CCG Solidarity for Humanity sebagai upaya untuk menguatkan kreativitas dan produktivitas industri kreatif dan masyarakat.

New Post
Let's Speed Up Change

Imagine Indonesia as a place where everyone can get the maximum benefit from art — we become a nation that is more logical, critical, imaginative, innovative, and tolerant. Art is an integral part of education and all useful activities. You can help Koalisi Seni push for that change to happen more quickly. Click this link to find out how:

Please type and press enter to search

X