/   
Indonesian Dance Festival
DKI Jakarta

Wisma Nugraha
Jalan Raden Saleh No.6
RT/RW 10/1
Kecamatan Senen
Jakarta Pusat 10430

 

Indonesian Dance Festival (IDF) adalah sebuah festival tari kontemporer berskala internasional yang dilaksanakan bi-annual dan konsisten digelar sejak tahun 1992. Berangkat dari keresahan dengan terhentinya program Penata Tari Muda pada tahun 1987, yang digagas Komite Seni Tari Dewan Kesenian Jakarta, beberapa tokoh seperti Sal Murgiyanto, Maria Darmaningsih, Nungki Kusumastuti, Melina Surja Dewi, Dedy Lutan, dan Tom Ibnur menginisiasi sebuah wadah seni tari di tahun 1992 yang diberi nama Indonesian Dance Festival (IDF). Prakarsa ini didukung oleh beberapa tokoh tari, yaitu Sardono W. Kusumo, Julianti Parani, Edi Sedyawati, dan Farida Oetoyo.

 

Sepanjang perjalanannya IDF telah menampilkan pertunjukan kelas dunia dari dalam dan luar negeri, telah menyajikan lebih dari 250 pertunjukan main & premiere, 35 commission & re-construction work yang diproduksi khusus untuk IDF. Dengan kiprahnya selama ini, IDF merupakan  salah satu festival tari kontemporer internasional yang terdepan di Asia, dan diperhitungkan di ranah global.

 

Sejak tahun 2020, IDF dinaungi oleh Yayasan Loka Tari Nusantara, sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang pengembangan ekosistem seni pertunjukan Indonesia.

New Post
Let's Speed Up Change

Imagine Indonesia as a place where everyone can get the maximum benefit from art — we become a nation that is more logical, critical, imaginative, innovative, and tolerant. Art is an integral part of education and all useful activities. You can help Koalisi Seni push for that change to happen more quickly. Click this link to find out how:

Please type and press enter to search

X