/   
Hikmat Darmawan
DKI Jakarta

DKI Jakarta

Hikmat Darmawan dikenal sebagai pengamat budaya pop, khususnya komik. Ia telah menulis berbagai esai dan buku dalam bidang tersebut. Latar belakang pendidikannya adalah jurusan komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Selama ini, ia sering menulis kolom untuk Koran Tempo, Gatra, Majalah Tempo, Kompas, dan Visual Art. Ia juga menjadi penerjemah dan editor lepas.

 

Hikmat Darmawan terpilih dalam Asian Public Intellectuals Fellowship Program dari Nippon Foundation pada 2010 dan melakukan penelitian jurnalistik selama setahun mengenai globalisasi subkultur manga di Jepang, Thailand, dan Indonesia.

 

Kebanyakan waktunya tertuang untuk menggerakkan kegiatan budaya di Indonesia. Ia turut mendirikan berbagai organisasi yang bergerak di bidang seni budaya seperti Musyawarah Burung, sebuah kelompok yang terlibat dalam kegiatan budaya dan seni dan Akademi Samali, sebuah kelompok yang didedikasikan untuk mengeksplorasi seni komik Indonesia dan pengembangan komersialnya.

 

Pada 2018, Hikmat Darmawan meluncurkan bukunya yang berjudul Sebulan di Negeri Manga. Buku ini menceritakan perjalanan Hikmat Darmawan selama di Jepang dan juga membahas berbagai budaya pop Jepang.

 

Hikmat Darmawan bersama Dia.lo.gue dan Pabrikultur menyelenggarakan Pameran KOMIK ITU BAIK pada Oktober 2019. Sebelumnya, dalam rangkaian program Indonesia Guest of Honor London Book Fair 2019, Hikmat menjadi kurator pameran komik Indonesia di SOAS, London.

 

Hikmat juga pendiri Pabrikultur, bergerak di bidang pembuatan program acara-acara seni dan kebudayaan, penyediaan konten media cetak maupun online, pelatihan, dan penerbitan. Kini, ia menjadi Wakil Ketua Dewan Kesenian Jakarta periode 2021-2023.

New Post
Let's Speed Up Change

Imagine Indonesia as a place where everyone can get the maximum benefit from art — we become a nation that is more logical, critical, imaginative, innovative, and tolerant. Art is an integral part of education and all useful activities. You can help Koalisi Seni push for that change to happen more quickly. Click this link to find out how:

Please type and press enter to search

X