/   
Akademi Samali
Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Jalan Guru Mughni No. 8
Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Akademi Samali atau Aksam merupakan komunitas penggemar komik yang terbentuk tahun 2005. Komunitas ini dibentuk oleh Bambang Tri Rahadian, Hikmat Darmawan dan Zarki. Di tempat ini, para anggotanya tidak hanya bisa sharing soal komik, tapi juga bisa belajar membuat komik. Salah satu kegiatan rutin mereka adalah SELASAGOSIP (Selaw dan Santai Ngomongin yang Sip), sebuah program diskusi yang bisa diikuti oleh seluruh anggota Aksam. Selain itu, Aksam juga mengadakan beberapa kegiatan lain, seperti membantu penerbitan komik dan penganugerahan untuk komik-komik lokal, seperti Kosasih Award.

 

Individu/Organisasi Terkait:

Hikmat Darmawan dikenal sebagai pakar komik dan pengamat budaya pop, dan telah menulis berbagai esai dan buku dalam bidang ini. Latar belakang pendidikannya adalah FISIP UI, jurusan komunikasi. Selama ini, ia sering menulis kolom untuk Koran Tempo, Gatra, Majalah Tempo, Kompas, dan Visual Art. Ia juga menjadi penerjemah dan editor lepas. Ia juga pernah menjabat sebagai editor Majalah Madina, kurator pameran komik untuk Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), dan manajer program di MP Book Point. Kebanyakan waktunya tertuang untuk menggerakkan kegiatan budaya di Indonesia. Ia pun turut mendirikan berbagai organisasi yang bergerak di bidang seni budaya seperti Musyawarah Burung, Akademi Samali, dan RumahFilm.org, tempat ia kini menjabat sebagai managing editor.

New Post
Let's Speed Up Change

Imagine Indonesia as a place where everyone can get the maximum benefit from art — we become a nation that is more logical, critical, imaginative, innovative, and tolerant. Art is an integral part of education and all useful activities. You can help Koalisi Seni push for that change to happen more quickly. Click this link to find out how:

Please type and press enter to search

X