/   
Citra Pratiwi
Yogyakarta

Jl. Suryawijayan MJ I/262 A
Kota Yogyakarta 55181
Daerah Istimewa Yogyakarta

Alamat Email: citrapratiwi@gmail.com

Citra Pratiwi lahir 1981, adalah seorang seniman multidisiplin, kurator dan penulis. Ia besar di Jakarta dan kini bekerja di Yogyakarta. Latar belakang pendidikan terakhir di Ilmu Religi dan Budaya Sekolah Pascasarjana Universitas Sanata Dharma. Sebelumnya ia menyelesaikan studi Etnomusikologi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan penerima fellowship dari John F Kennedy Cultural Centre, USA.

 

Karyanya berangkat dari pemikiran interdisiplin yang memuat konsep yang berangkat dari seni teater, tari dan visual, sejauh ini tema karya yang Citra angkat mengenai situasi urban. Selain bekerja sebagai seniman independen, saat ini ia bekerja sebagai Direktur Program dan kurator lembaga seni nirlaba Langgeng Art Foundation. Karya kurasinya selama tiga tahun terakhir ini berfokus pada perkembangan generasi baru seni kontemporer khususnya di Yogyakarta. Karya kurasi yang ia buat antara lain Program Upcoming, Salon, New Wave, Dancing in Gallery dan Neo Decora.

 

Kiprah Citra juga dikenal di dunia Teater. Berawal dengan keterlibatannya bersama Teater Garasi (2001-2010). Saat ini ia bagian dari komunitas Teater Gandrik Yogyakarta. Ia juga pendiri Migrating Troop Performing Art Network dan Rawraw Studio. Sebagai seorang yang aktif di dunia kesenian ia banyak berkolaborasi dan bekerjasama dengan banyak komunitas dan organisasi kesenian di Indonesia, seperti Teater Garasi, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, dan Sasikirana Dance Lab.

 

Sebagai seniman ia adalah peraih Empowering Women Artist dan Hibah Inovatif (2017) dari Yayasan Kelola, peraih sutradara terbaik di Festival Teater Yogyakarta 2014. Karyanya telah banyak dipanggung dan dipamerkan seperti pada 3rd Fukuoka Trienalle (2005), Fukuoka, Asian Art Museum, Museum de Oriente, Lisbon (Pointe to Point Asian Europe Dance Forum 2009), Lisbon, Exist-Ence Performance Art Festival (2010), Judy Wright Art Centre Brisbane , Festival Salihara #1 (2008) Jakarta , Asian Youth Imagination #2 (2009, Yogya Gallery), Dancing in a Space – Damansara Festival – 2017, Damansara Art Centre, Kuala Lumpur, Rimbun Dahan, Malaysia, Festival Nuit Des Idees 2019, IFI Yogyakarta, Traces, Rawraw Solo Exhibition, Langgeng Art Foundation 2020.

 

Tulisan Terbaru
Dukungan Untuk Koalisi Seni

Dukungan publik adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan upaya Koalisi Seni mendorong terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat. Bagaimana Anda bisa membantu agar Koalisi Seni secara berkelanjutan dapat melakukan advokasi kebijakan? Klik tautan berikut untuk mendukung Koalisi Seni:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X