/   

I Wayan Nuriarta adalah seorang kartunis dan dosen di Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Denpasar, Bali. Di luar karir akademis, karikatur karyanya acap mengisi lembar halaman Majalah Bali Post, Kompas.id, dan koran Jawa Pos.

 

Pria kelahiran Tabanan, 24 Juni 1985 ini aktif mengajar sejak 2015. Selepas menenamatkan pendidikan magister Pengkajian Desain Komunikasi Visual, ISI Yogyakarta dengan tesis Kajian Semiotika pada Poster Bali di Masa Kolonial Belanda Tahun 1930 – 1942, ia tercatat mengampu 5 mata kuliah, Desain Komunikasi Visual Dasar, Kartun, Ilustrasi Aplikatif, Tinjauan Desain, Ilmu Kebudayaan, dan Desain Komunikasi Visual Media. 

 

Selain mengajar, ia intens menulis jurnal penelitian di antaranya, Ikonografi Lukisan Nyoman Gunarsa di Pusat Dokumentasi Seni Lata Mahosadhi (DIPA ISI Denpasar, 2018), Kajian Komik Kartun Panji Koming pada Koran Kompas Tahun 2018 (DRPM Ristekdiksti, 2019), dan Ideologi Visual Kartun Koran Jawa Pos Tahun 2019 (DRPM Risetekdiksti, 2020). 

 

Bekal pengalaman di bidang akademis dan laku artistiknya sebagai kartunis membuatnya kian lihai menulis sederet artikel ilmiah, seperti, Kajian Visual Kartun Konpopilan,  Bahasa Rupa Kartun Konpopilan pada Kartun Kompas Tahun 2016,  Elemen Desain Komunikasi Visual dalam Merchendise Iklan Politik Pasangan Dharmanegara pada Pilkada Kota Denpasar 2014, Nilai – Nilai Tradisi dan Modernitas pada Karya Nyoman Gunarsa, Tanda dan Makna Kartun Politik Koran Jawa Pos Tahun 2019, Kajian Semiotika Kartun Majalah Tempo Tahun 2019, Kajian Komik Kartun Panji Koming,  Semiotics Study of The 2019 Jawa Pos Political Cartoon, Kajian Mitos Kartun Politik Koran Jawa Pos, Komik Mahabharata Karya RA Kosasih sebagai Media Komunikasi Massa, dan Tanda dan Makna Kartun Mice pada Koran Kompas Edisi 8 Maret 2020.

 

Dalam 5 tahun terakhir, ia pun produktif menerbitkan 3 buku, Kartun dan Berita: Kartun yang Hadir Membawa Konteksnya (2018), Kartun Strip: Membaca Kartun Media Massa (2019), dan Ideologi Visual Kartun: Kajian Semiotika Kartun Politik (2020).  Serta mempresentasikan penelitian di seminar ilmiah yakni, Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain, Seminar Nasional Institut Hindu Dharma Denpasar, Seminar Hasil Penelitian Dosen Muda ISI,  dan Prosiding Seminar Nasional Universitas Ciputra. 

 

Berkat konsistensinya menggambar karikatur, sejumlah penghargaan berhasil ia raih, Juara 1 Lomba Logo Buleleng Smile (2013), Juara II Meme Bulan Bahasa Bali (2019), Juara III Komik Strip Bulan Bahasa Bali (2019), Juara I Lomba Desain Logo Festival Seni Bali (2019), dan Juara III Komik Strip Bulan Bahasa Bali Bali (2020). Kini ia tengah mendaftar di Program doktoral Jurusan Kajian Budaya, Universitas Udayana, Bali.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X