/   
Meiske Taurisia (Dede)

DKI Jakarta

Alamat Email: meisketaurisia@gmail.com

Meiske Taurisia, produser film dengan latar belakang pendidikan Arsitektur dan Desain Tekstil. Perempuan yang akrab dipanggil Dede ini awalnya bekerja sebagai desainer tekstil di Bandung & Jakarta, hingga pada 2004 Ia berhasil menyelesaikan studi magister Fashion, Design & Strategy di ArtEZ University of the Arts di Arnhem, Belanda. Keterlibatannya pada dunia film dimulai pada 2005 saat menjadi penata kostum di sejumlah film panjang Indonesia, yakni Garasi (2006), 3 Hari untuk Selamanya (2006), The Photograph (2007).

 

Pada 2008, Meiske bekerjasama dengan sutradara Edwin untuk memproduksi film panjang Babi Buta Yang Ingin Terbang (Blind Pig Who Wants To Fly), ini merupakan film pertama yang ia produseri, bersama dengan Edwin dan Sidi Saleh di bawah rumah produksi Babibutafilm. Beberapa karya rilisan Babibutafilm mendapat nominasi penghargaan di beberapa festival internasional, seperti Babi Buta yang Ingin Terbang (2008) – Fipresci Award; Postcard From The Zoo (2012) dalam kompetisi utama di Berlinale; Rocket Rain (2013) dalam kompetisi Forum Independent-Karlovy Vary; dan Cuts (2015, dokumenter) di Panorama IDFA. Sedangkan di film pendek The Fox Exploits The Tiger’s Might (2015) dalam kompetisi Critic’s Week, Cannes; Sendiri Diana Sendiri (2015) dalam kompetisi Short Cuts, Toronto International Film Festival, Kisah Cinta Yang Asu (2015) di Wide Angle, Busan.

 

Tahun 2016, ia mendirikan Palari Films bersama produser film Muhammad Zaidy. Palari Films adalah rumah produksi film berbasis di Jakarta dengan tujuan untuk menghasilkan film unik dan berkualitas yang menarik pasar Indonesia dan Internasional. Posesif (2017) merupakan film pertama rilisan Palari Films. Film ini memenangkan Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik pada penghargaan Festival Film Indonesia (FFI2017). Tahun 2018 merilis Aruna & Lidahnya yang tayang perdana di program Culinary Cinema, Berlinale 2019, dan meraih Skenario Adaptasi Terbaik serta Aktor Pendukung Terbaik di FFI2018. Pada 2021, Palari Films akan merilis film dua film berjudul Ali & Ratu Ratu Queens arahan sutradara Lucky Kuswandi, dan  Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash) karya Edwin yang diadaptasi dari novel Eka Kurniawan.  

 

Meiske telah merampungkan pendidikan lanjut di Universitas Indonesia pada program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik. Ia tertarik mempelajari lebih dalam tentang dunia kreatif dan dimensi ekonomi dari industri film di Indonesia.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni -- kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X