/   
Rachmat Wahidi

Rachmat Wahidi merupakan seorang Wikimediawan. Sejak 2012, Rachmat Wahidi aktif di Wikimedia Indonesia, organisasi nirlaba bagian dari Wikimedia Foundation, pengelola situs populer Wikipedia. 

 

Memulai peran sebagai sukarelawan anggota, dia aktif berkontribusi di Wikipedia Bahasa Aceh, Wikipedia Bahasa Indonesia, Wikidata, dan Wikimedia Commons. Rachmat berpartisipasi dalam kontes digitalisasi dan mendapat juara pertama bidang penyuntingan dalam lomba uji-baca Kamus Sunda-Inggris yang diadakan Wikimedia sehingga meraih beasiswa perjalanan. 

 

Setelahnya, dia menjadi Manajer Proyek Digitalisasi Konten, Wakil Bendahara, Koordinator GLAM (Gallery, Library, Archive, and Museum), sampai Sekretaris Jenderal Wikimedia. Ketika berkutat dengan GLAM, Rachmat bekerja sama dengan pelbagai instansi guna menghadirkan konten-konten berbasis daerah di Wikimedia Commons. Rachmat pernah mengisi seminar, salah satunya bertajuk Wikimedia Commons Untuk Institusi GLAM yang diadakan Goethe-Institute. Ia juga turut menyambangi Wikimania 2019 di Stockholm, sebuah pertemuan Wikimediawan seluruh dunia.   

 

Selain aktif di Wikimedia, Rachmat Wahidi juga sempat mengajar sesuai dengan disiplin ilmu yang pernah ia tekuni, baik sebagai pengajar, asisten pengajar, maupun pengajar privat. Ia juga pernah meraih penghargaan pemenang kontestasi anak muda untuk pendidikan tanggap bencana yang diadakan oleh Japan Foundation.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X