/   

Amien Rais adalah seorang musisi dan pegiat advokasi seni kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat. Pria kelahiran 14 Juni 1999 ini mahir memainkan beragam alat musik seperti gitar, bass, piano, dan saxophone.

 

Salah satu karya lagu yang pernah ia ciptakan berjudul “Papilio Vollant” yang dalam bahasa latin bermakna kupu-kupu terbang. Lagu ini diracik dalam bentuk string quartet yang diiringi lantunan piano. Lewat lagu tersebut penyuka genre jazz ini ingin memperkenalkan musik khas barat dan musik klasik kepada masyarakat Banten, kampung halamannya yang jarang mendengarkan genre ini. Merdunya lagu ini mengajak pendengar tuk mensyukuri hidup melalui eloknya kumpulan kupu-kupu kala terbang, mengepakan sayap  berkelir yang mewarnai birunya langit. Tak lama setelah diluncurkan, si kupu-kupu berhasil membawa Amien Rais terbang ke banyak telinga pendengar saat dimainkan di Aula Rumah Dunia Serang. 

 

Untuk terus mengasah keahliannya di dunia musik, pengaggum komposer Addie MS ini tergabung dalam Paduang Suara Banten Chorus, Komunitas Saxophone Banten, dan Sendratasik Guitar Family. National Folklore Festival Universitas Indonesia dan seleksi Gitar Bahana Nusantara Banten menjadi dua ajang kompetisi yang pernah ia ikuti.

 

Dalam kesehariannya, mahasiswa jurusan Ilmu Pendidikan Seni pertunjukan Universitas Tirtayasa, Banten, Jawa Barat ini disibukan dengan bermusik di berbagai acara dan kegiatan organisasi kampus seperti advokasi seni. Baginya, kesadaran menyampaikan pesan kritis melalui musik dan pengetahuan akan kebijakan seni menjadi penting untuk seniman. Hal ini menjadi salah satu kegelisahan yang mendorongnya aktif menjadi pembicara tentang advokasi seni di lingkungan kampusnya dan menjadi salah satu anggota yang aktif Koalisi Seni sepanjang 2020. 

 

Melalui seni, Amien Rais yakin manusia akan saling terhubung, “Music connect people,” ujarnya sambil mendengarkan tembang Donna Lee dari Charlie Parker.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni -- kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X