/   
Dara Hanafi
Depok, DKI Jakarta

Depok, DKI Jakarta

Dara Hanafi adalah seorang pekerja lepas dalam dunia seni pertunjukan yang bergerak sebagai associate producer dan project manager, berdomisili di Depok. Ia mendalami studi Ilmu Komunikasi di FISIP UI. Sampai saat ini, Dara terus mengeksplorasi tentang bagaimana membangun model-strategi kewirausahaan di sektor seni pertunjukan.

 

Kiprah Dara dalam menekuni seni pertunjukan dimulai dari stasiun televisi Trans 7, tepatnya di bagian kreatif. Kemudian, ia bergabung dengan Komunitas Salihara dalam bagian pengembangan sumber daya. Setelah itu, Ia menjadi salah satu pengurus perhelatan Discover Indonesia, pameran seni pertunjukan Indonesia di Inggris yang memperkenalkan musik, tarian, dan teater Indonesia kepada penonton di sana.

 

Dara juga terlibat dalam berbagai kegiatan seni dalam skala nasional maupun internasional. Ia adalah coordinator project dalam agenda Art Summit Indonesia (2016), festival seni pertunjukan internasional terbesar di Indonesia dengan agenda lokakarya dan pemetaaan lanskap seni pertunjukan Indonesia. Ia pernah menjadi manajer komunikasi dalam program Micro Galleries, kolaborasi seniman lokal dan global di Jakarta dalam memanfaatkan ruang publik di jalanan untuk pameran seni.

 

Atas dedikasinya menekuni dunia seni pertunjukan, Dara Hanafi diundang untuk menghadiri The Producers Academy, lokakarya model dan strategi kewirausahaan pada sektor seni pertunjukan di Brussel, tahun 2017. Ia juga menjadi salah satu seniman yang diundang ke Tokyo Performing Arts Meeting in Yokohama (TPAM), pertemuan aneka macam kalangan pegiat seni pertunjukan dari seluruh dunia, tahun 2020.

 

Di sela-sela beragam proyek seni yang Ia kerjakan, Dara rutin mengisi konten podcast Kejar Paket Pintar bersama Laila Achmad yang banyak berbicara soal fenomena sosial, pop culture, politik, buku, film hingga korupsi.

Tulisan Terbaru
Dukungan Untuk Koalisi Seni

Dukungan publik adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan upaya Koalisi Seni mendorong terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat. Bagaimana Anda bisa membantu agar Koalisi Seni secara berkelanjutan dapat melakukan advokasi kebijakan? Klik tautan berikut untuk mendukung Koalisi Seni:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X