/   
Kusen Alipah Hadi
Yogyakarta

DI Yogyakarta

Kusen Alipah Hadi adalah seorang antropolog yang juga aktif sebagai manajer acara-acara seni dan kerap menjadi aktor pertunjukan teater. Pada 2006, Kusen mendirikan Yayasan Umar Kayam untuk menghadirkan ruang bagi kajian seni dan kebudayaan, dan menjadi menjadi direktur yayasan tersebut hingga kini.

 

Kusen adalah salah satu anggota dewan pengawas Yayasan Biennale Yogyakarta, yang setiap dua tahun menyelenggarakan Biennale Jogja. Ia merupakan salah satu penggagas Festival Pasa Harau di Nagari Harau, Sumatera Barat, yang pertama kali diselenggarakan pada 2016.

 

Menurut pengakuannya, meskipun tidak terlalu berbakat, kecintaannya pada dunia seni pertunjukan, terutama teater, tidak bisa dibendung sejak kanak-kanak. Bermula dari sinilah, ia bergabung dengan Teater Gandrik dan menekuni soal-soal seni dan kewargaan. Bersama Yayasan Umar Kayam, ia kemudian mengembangkannya, mempromosikan seni terlibat dalam perubahan masyarakat.  Desa-desa di Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan adalah beberapa tempatnya berkarya.

 

Kusen adalah salah satu pendiri Koalisi Seni Indonesia, dan kini menjabat sebagai  Ketua Pengurus.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X