/   
Lembaga Kebudayaan Indramayu
Indramayu

Jawa Barat

Lembaga Kebudayaan Indramayu (LKI) adalah organisasi berbentuk Yayasan resmi dengan SK Menhukam Nomor: AHU-0015305.AH.01.04 Tahun 2018. Didirikan di Indramayu, Jawa Barat, 27 Oktober 2018, LKI bergerak dalam bidang sosial, kemanusiaan, dan budaya. LKI menjadi wadah bagi para pegiat dan masyarakat untuk memperjuangkan nilai – nilai seni budaya, utamanya yang bersifat kearifan lokal.

 

Sebagai yayasan independen, LKI melaksanakan berbagai kegiatan seni budaya berbasis masyarakat yang sejalan dengan visi misi yakni, membentuk Lembaga formal dan non formal di bidang seni budaya, salah satu yang telah berlangsung adalah Sekolah Teater Indramayu (STI), penelitian dan pendokumentasian seni budaya, buku antologi puisi Bahasa Jawa dialek Indramayu yang berjudul Lamon Mapagi Dewi Sri, film dokumenter potensi seni Indramayu, Seni Berokan, dan Seni Ronggeng Slerek adalah beberapa karya yang telah dihasilkan LKI. 

 

Upacara adat Ngarot di Desa Lela, Indramayu menjadi salah satu acara yang dihelat LKI. Pada 2015, Ngarot telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Pemerintah Indonesia. Ngarot menjadi acara kenduri yang diselenggarakan tiap tahun menjelang pengolahan lahan sawah. Setelah lelah beraktivitas, selepas waktu isya, warga setempat punya tradisi unik yang berlangsung sejak 1990-an yakni Midang Sore, ajang kumpul – kumpul warga untuk bersantai sambil berbincang tentang kehidupan sehari – hari dan menjalin silaturahmi. LKI memanfaatkan tradisi Ngarot sebagai ajang diskusi dan memperkuat jejaring kesenian yang menampilkan para seniman tradisi seperti Tari Topeng (Sanggar Mulya Bhakti), Tari Trebang (Sanggar Asem Gede), dan Ngopi (Ngobrol Pintar). 

 

Pada 2021, LKI menargetkan akan membuat 10 film dokumenter yang mengangkat keunikan seni budaya Indramayu. Tak hanya fokus pada kekaryaan, LKI turut menggalakan kesadaran literasi seni melalui program studi banding, dan pelatihan menulis artikel Wikipedia berbahasa Jawa dialek Dermayu (2019). Yayasan yang berlokasi di Jalan Jambu No.32 RT.002/RW.010 Kelurahan Lemahmekar ini intens pula memberikan penghargaan dan apresiasi kepada maestro seni budaya yang fokus pada seni tradisi. LKI terus berikhtiar agar seni budaya tradisi Indramayu terus bergeliat, hidup, dan menghidupi masyarakat. 

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni -- kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X