/   
LIR
Sleman, Yogyakarta
Alamat Email: lirspace@gmail.com
Website / Blog URL: http://www.lirspace.net/

LIR adalah kolektif seni yang bergerak dalam bidang seni rupa dan kuratorial, berdiri sejak 2011. Diprakarsai oleh Mira Asriningtyas dan Dito Yuwono, LIR mengawali kiprahnya sebagai ruang seni alternatif di Yogyakarta bernama LIR Space, yang dibentuk guna membangun lingkungan suportif dan positif, terutama bagi seniman muda. Seiring perkembangannya, LIR terus melakukan transformasi hingga bergerak secara kolektif dengan ciri khas kolaborasi multi-disiplin untuk mendorong transfer pengetahuan dan sejarah yang berkelanjutan. 

 

Upaya guna membuka kesempatan bagi seniman muda dilakukan LIR dengan mengundang mereka memamerkan karyanya. Bakat baru tersebut diberi ruang yang cukup untuk bereksplorasi dan mengadakan pameran tunggal. Selain seniman muda, LIR juga membuka kesempatan bagi seniman mapan untuk mencoba hal baru di luar zona nyaman mereka. Lebih lanjut, LIR tidak hanya bergerak secara lokal, tetapi juga merambah ke skala internasional.  

 

Bermacam rupa pameran pernah dihelat oleh LIR, beberapa di antaranya adalah serial pameran yang digelar secara berkesinambungan, yaitu Curated by LIR (KKF – Yogyakarta, 2018 s.d 2020), Transient Museum of a Thousand Conversation (ISCP – New York, 2020), dan 900mdpl (Kaliurang, 2017, 2019, & 2021). Terbaru, LIR tengah menyiapkan publikasi daring, simposium, dan rancangan untuk Pollination edisi ke-3 (2020 s.d 2021), sebuah kerja kolaboratif dengan aneka macam institusi di Asia Tenggara yang diinisiasi oleh The Factory Contemporary Arts Center. Selain itu, LIR pernah menjadi rekan RAW Academie (Dakar, Senegal – 2019), sebuah program residensi eksperimental untuk penelitian, studi praktik, dan pemikiran artisitik serta kuratorial. 

 

Sejak tahun 2017, LIR menginisiasi sebuah proyek seni site-specific bernama 900mdpl di Kaliurang, Indonesia – sebuah area pariwisata yang berlokasi di kaki Gunung Merapi, Yogyakarta. 900mdpl diproyeksikan sebagai landasan proyek seni dua tahunan yang menawarkan berbagai ruang-ruang kemungkinan sembari mendukung kelestarian dan persebaran memori lintas generasi. Tujuan utama proyek ini adalah membuat arsip alternatif dari situs-situs terkait melalui ingatan-ingatan dan sejarah lisan warga Kaliurang.

Tulisan Terbaru
Dukungan Untuk Koalisi Seni

Dukungan publik adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan upaya Koalisi Seni mendorong terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat. Bagaimana Anda bisa membantu agar Koalisi Seni secara berkelanjutan dapat melakukan advokasi kebijakan? Klik tautan berikut untuk mendukung Koalisi Seni:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X