/   
Nova Ruth Setyaningtyas
Barcelona

Barcelona

Website / Blog URL: http://arkakinari.org/

Nova Ruth Setyaningtyas dikenal sebagai musisi dan seniman, lahir di Malang dan tinggal di Barcelona. Sebagai musisi, Nova dikenal dengan karya-karya berbalut musik folk, hip-hop, pop, rock, sampai musik lokal. Sebagai seniman, Ia dikenal dengan beragam aktivitasnya pada bidang media, isu-isu perempuan, dan lingkungan hidup. 

 

Dalam belantika musik, Nova Ruth akrab sedari kecil dengan dunia nada dan suara. Ia adalah putri dari gitaris grup musik Elpamas, Totok Tewel. Nova kerap menyaksikan ayahnya bekerja sama dengan Iwan Fals, Kantata Takwa, dan Swami. Setelah selesai menempuh pendidikan menengah atas, Ia membentuk grup bernama Twin Sista dan berperan sebagai rapper. Selang beberapa masa, Nova mendirikan kedai kopi Legipait dengan salah satu agenda rutin berjudul Blue Monday, sebuah agenda yang banyak melibatkan musisi independen untuk mengenalkan karyanya. Selain itu, Ia juga sempat berkarya dengan format solo karir, duet dengan musisi internasional seperti Sven Simulacrum dan Unkle Ho, dan tergabung dalam grup Mimimintuno, Cricket! dan Ajer.  

 

Nama Nova Ruth dalam dunia olah suara dan lantunan nada kian kukuh dengan kolaborasi bersama pasangannya, Grey Filastine. Mereka berdua menamakan diri sebagai Filastine & Nova. Tidak hanya dalam skala lokal dan nasional, Ia telah mencakup skala internasional. Filastine & Nova telah melakukan tur ke berbagai benua seperti Eropa, Australia, dan Amerika. Karya-karya Nova Ruth bersama Filastine kerap berbicara soal aktivisme yang sarat akan kritik sosial, politik, dan ekonomi. Mereka kerap tampil di berbagai wilayah yang rawan konflik dan mendapat perlakuan tidak enak dari pihak setempat. Bagi Nova Ruth, yang mengangkat tema aktivisme dalam karyanya tidak cukup hanya tampil di atas panggung, tetapi juga harus turun ke lapangan. 

 

Album-album Nova Ruth telah rilis dan dapat didengar di aneka macam platform, seperti Mother of Nature (2003), Musique Provocateur 12 (2009), dan Napak Tilas (2019). Bersama Grey Felastine, Ia telah merilis berbagai album seperti L00T (2012), mini album Aphasia (2014), dan Drapetomania (2017). Mereka juga membangun ruang pertunjukan di kapal bekas pencari ikan buatan Rostock, Jerman yang dibuat dua tahun setelah Perang Dunia II, kapal tersebut dinamai Arka Kinari. Mereka punya misi untuk tur keliling Indonesia dan mengadakan konser di atas kapal. 

 

Atas geliatnya menekuni dunia musik, Nova Ruth pernah menerima penghargaan Kindle Project Award for the 2012 Makers Muse Artist Award, bersama sederetan seniman lainnya, seperti Marjane Satrapi.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X