/   
Roemah Martha Tilaar
Kebumen, Jawa Tengah

Jalan Sempor Lama No. 28, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah

Alamat Email: Admin@roemahmarthatilaar.org

Roemah Martha Tilaar berdiri sejak 1920, adalah rumah masa kecil milik keluarga Martha Tilaar yang telah bertransformasi menjadi museum, galeri, dan ruang terbuka untuk aneka rupa kegiatan masyarakat setempat. Berawal dari keinginan untuk kembali ke tanah kelahirannya dan melakukan pemberdayaan masyarakat setempat, Martha Tilaar kemudian merestorasi rumah yang pernah terbengkalai selama hampir 40 tahun itu pada 2012–2014. Terdiri dari 3 bagian, Roemah Martha Tilaar populer sebagai destinasi wisata inspiratif. Di samping banyak peninggalan dari perjalanan hidup Martha Tilaar, berbagai kegiatan masyarakat setempat kerap dihelat di sana. 

 

Kegiatan di Roemah Martha Tilaar mengacu pada 4 pilar Martha Tilaar Group: beauty green, beauty culture, beauty education, dan empowering women. Tiap-tiap kegiatan diadakan dengan harapan menumbuhkembangkan masyarakat Kebumen untuk berkolaborasi guna peningkatan kesadaran lingkungan, budaya, dan identitas lokal. Mulai dari pendampingan komunitas mangrove di pantai selatan, pelatihan kelompok UMKM, pelatihan bagi guru, proyek fasilitasi Kota Pusaka, program Komunitas Bening Jiwa, adalah beberapa pemberdayaan yang digelar di Roemah Martha Tilaar. Tidak hanya berkutat di Kebumen, pelaksanaan program-program tersebut menggandeng aneka macam instansi dan organisasi seperti Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Muhammadiyah, GAP Inc. California, Komunitas Pusaka Gombong, sampai Badan Pelestari Pusaka Indonesia. Tidak hanya itu, Roemah Martha Tilaar juga menggelar festival rutin, yaitu Festival Dolanan Tradisional yang diadakan pada bulan April. Mereka juga pernah menggelar Festival Imlek Cap Go Meh dan Pesta Kriya. Beberapa program seperti Cultural Development Fellowship dan Situs Dampingan Gregeng juga kerap diadakan untuk mengembangkan potensi budaya masyarakat setempat. 

 

Dengan arsitektur bergaya Indische Empire, Roemah Martha Tilaar menjadi daya tarik kota Kebumen. Selain beragam kegiatan kerap diadakan, Roemah Martha Tilaar juga menyediakan gerai bagi UKM warga setempat binaan Martha Tilaar untuk menjajakan produk mereka. Roemah Martha Tilaar juga sering menggelar pertunjukan Macapat untuk hiburan bagi para pengunjungnya. 

Tulisan Terbaru
Dukungan Untuk Koalisi Seni

Dukungan publik adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan upaya Koalisi Seni mendorong terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat. Bagaimana Anda bisa membantu agar Koalisi Seni secara berkelanjutan dapat melakukan advokasi kebijakan? Klik tautan berikut untuk mendukung Koalisi Seni:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X