/   
Utari Kusumawardhani
DKI Jakarta

Jakarta

Utari Kusumawardhani adalah seorang desainer yang akrab disapa Tari. Pekerjaan Tari meliputi graphic design, service design, brand strategist, design sprint facilitator, dan trainer. Tari telah berkutat di bidang graphic design dan branding selama kurang lebih 14 tahun, sementara untuk service design masih sekitar 1 tahun.

 

Selain bekerja sebagai seorang desainer, Tari juga bekerja sebagai seorang instruktur Stråla Yoga. Bersama dengan ketiga temannya, ia memiliki sebuah wellness studio bernama Feel Good Space yang dibentuk pada tahun 2017. 

 

Sejak akhir 2020, Tari mendirikan sebuah Purpose-driven Strategic Design Consultancy with Life-centered Approach bernama Tutur Daya bersama dengan kedua partnernya.

 

Untuk personal projectnya, Tari senang mengerjakan motif-motif yang terdiri dari 3 huruf yang ia gambar sendiri kemudian ia akan mengotak-atiknya melalui Adobe Illustrator. Tari juga aktif mengikuti kelas-kelas di Domestika untuk mempelajari hal-hal baru dan memperbarui ilmu-ilmu yang telah ia pelajari. Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan profesional, Tari membuat brand identity design beserta pendukung-pendukungnya. 

 

Tak hanya itu, Tari pun suka membuat karya Doodle Art dan poster. Selain karena tuntutan pekerjaan, ia mengaku memang senang membuat berbagai karya di waktu luangnya. Tari juga pernah mengadakan sebuah support group yang bertujuan untuk belajar mencari ide. 

 

Menurut Tari, hambatan dalam menekuni bidang yang ia geluti ialah bila terlalu banyak pertimbangan, maka akan berujung pada tidak menghasilkan apa-apa.

 

Desainer kelahiran Jakarta ini, suka memasak atau membuat sesuatu di malam hari ketika semua orang sudah terlelap. Ia senang jika bisa menghabiskan waktu sendirian terutama sambil menikmati secangkir kopi. Tari juga membuat keju vegan sendiri dari kacang mede serta nut milk untuk konsumsi pribadi. Ia pernah mencoba berjualan nut milk, namun memilih berhenti karena lama-kelamaan merasa lelah untuk menjalankannya.

 

Selanjutnya, Tari juga mempunyai produk deodoran colek vegan dan natural yang mana merupakan buatannya sendiri. Berpartner dengan kakaknya, kakak ipar, dan sepupunya, mereka menamakan produk tersebut dengan nama Mars & Marion.

 

Selain itu, Tari memiliki band yang beranggotakan 2 orang, yang diberi nama Ape on the Roof. Ia bertugas untuk membuat lirik, mengaransemen vokal, serta menyanyikan lagu ciptaannya sendiri. 

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X