Oktober 24, 2019

Ketua Pengurus Baru dan Aktivasi Gugus Tugas

Jakarta – Selepas wafatnya M. Abduh Aziz, Koalisi Seni kini menetapkan Ketua Pengurus pengganti dan mengaktivasi gugus tugas yang terbentuk saat Rapat Umum Anggota pada Maret 2019. Langkah ini diambil dalam Rapat Pengawas dan Pengurus, serta disampaikan dalam Temu Anggota dengan Pengawas dan Pengurus. Kedua pertemuan ini berlangsung di Sekretariat Koalisi Seni, 31 Juli 2019.

Sesuai pasal 11 angka 6 Anggaran Dasar Koalisi Seni, jika jabatan Ketua Pengurus lowong, Wakil Ketua otomatis menempati posisi tersebut. Rapat tersebut menyepakati Kusen Alipah Hadi yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua, kini menjadi Ketua Pengurus hingga masa jabatan usai pada 2021. “Sesudah itu, Koalisi Seni akan menyelenggarakan Rapat Umum Anggota (RUA) untuk memilih Ketua Pengurus baru,” ujar Ketua Pengawas Koalisi Seni, Dolorosa Sinaga.

“Apa yang dikerjakan Mas Abduh kemarin, saya kira substansinya hampir mustahil digantikan oleh saya. (Oleh karenanya) dari diskusi dengan Pengurus serta Pengawas, kita sepakat (sekarang) ini adalah momentum untuk aktivasi anggota,” tutur Kusen.

Aktivasi anggota ini akan digiatkan melalui empat gugus tugas, yakni advokasi, pengembangan organisasi, keanggotaan, serta komunikasi. Keempat gugus tugas ini sangat terbuka untuk anggota yang ingin bergabung.

Sejauh ini, gugus tugas advokasi telah memiliki koordinator. Mereka adalah Irawan Karseno, yang semasa menjadi Ketua Dewan Kesenian Jakarta berhasil menggolkan kenaikan anggaran dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan ikut menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) DKI Jakarta, Andar Manik yang sebagai perwakilan komunitas menjadi anggota tim penyusun PPKD Kota Bandung pada 2018 dan kini mendampingi Dinas Kebudayaan Kota Bandung, serta Marintan Sirait, anggota Tim Ahli Gubernur untuk Jabar Juara bidang Kebudayaan dengan fokus tata kelola. Adapun koordinator gugus tugas keanggotaan adalah Tita Djumaryo dari Ganara Art – Mari Berbagi Seni, yang aktif memantik nalar kritis melalui seni. 

Selamat bertugas bagi tim Pengurus, Pengawas, dan gugus tugas. Semoga semakin menggiatkan anggota Koalisi Seni memajukan ekosistem kesenian. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kontak email sekretariat@koalisiseni.or.id.

(Bunga Manggiasih)

Related posts