/   
Heri Lentho
Surabaya, Jawa Timur

Surabaya, Jawa Timur

Nomor Telepon: +62-818-512-220
Website / Blog URL: https://www.herilentho.com/

Heri Lentho atau Heri Prasetyo merupakan seorang seniman tari asal Malang yang kini berdomisili di Surabaya. Heri Lentho telah mengenal seni tari sejak ia berusia 15 tahun, dimana ia bergabung dengan wayang orang Madyo Taruna Budoyo Malang. Kemudian, ia mendalami seni tari di Jurusan Seni Tari IKIP Surabaya.

 

Heri Lentho dikenal akan karya-karyanya yang berupa koreografi. Karya-karya yang telah dihasilkan oleh Heri Lentho diantaranya adalah Mumet (2000), Sang Congkak (2001), Skenario Sunat (2002), Poli-Tikus (2003), Sarang Tikus (2004), Tong Kosong, Surabaya Dance Festival (2007), Suara Padi, pentas keliling di Malang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar (2007), Rai Gedheg & Kuwung Wetan, Festival Reog Ponorogo (2008), Panji Remeng (2008), Bedayan Orde Antri (2008), Sapu Bersih (2009), dan Sumpah Palapa Puncak HUT Jatim (2010).

 

Heri Lentho bersama teman-temannya aktif menggelar berbagai acara seni dan budaya, seperti Festival Topeng Muludan di Surabaya, Festival Cak Durasim, Kahyangan Arts Festival, Surabaya Juang, Gebyar-Gebyar Surabaya, Citraland Superfest Surabaya, dan Festival Budaya Jawa Timur.

 

Dalam ranah organisasi, Heri Lentho sibuk aktif di Surabaya Juang, sempat menjadi koordinator Komunitas Seni Oemar, Sekretaris Persatuan Pedalangan Indonesia Komda Jawa Timur (2006-2010), dan Ketua Bidang Program di Dewan Kesenian Jawa Timur (2008-2010).

 

Heri Lentho pernah mendapat undangan untuk menyajikan pertunjukkan kesenian daerah pada festival musim panas di Art Center Toga, Jepang. Dalam acara yang diselenggarakan pada tahun 2015 tersebut, Heri Lentho menampilkan koreografi yang berjudul Topeng Bang-Tih (abang-putih) atau dalam Bahasa Indonesia berarti merah-putih.

 

Selain itu, Heri Lentho merupakan penggagas acara pementasan Centini Bungkus. Pementasan yang dilaksanakan pada tahun 2016 di Gedung Balai Pemuda ini, mengisahkan tentang perjalanan batin dan jiwa seorang perempuan Jawa yang memiliki berbagai aturan mengikat pada dirinya.

 

Di tahun 2019, Heri Lentho menjadi sutradara dalam acara Parade Surabaya Juang. Parade ini merupakan rangkaian dari acara-acara sebelumnya, seperti acara Sekolah Kebangsaan yang mana memberikan semangat kepada anak-anak untuk cinta tanah air dan mengenang jasa para pahlawan. Tujuan utama dari diadakannya rangkaian acara tersebut adalah untuk mentransformasikan nilai-nilai perjuangan dan heroisme kepada para generasi muda.

Tulisan Terbaru
Dukungan Untuk Koalisi Seni

Dukungan publik adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan upaya Koalisi Seni mendorong terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat. Bagaimana Anda bisa membantu agar Koalisi Seni secara berkelanjutan dapat melakukan advokasi kebijakan? Klik tautan berikut untuk mendukung Koalisi Seni:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X