/   

Wayan Sumahardika adalah penulis, sutradara dan pembuat teater kelahiran Denpasar, 1992. Menjadi founder Teater Kalangan, kolektif lintas disiplin pertunjukan berbasis di Bali. Praktik artistiknya banyak bergerak pada persimpangan teater, ragam seni, laku sehari-hari sebagai studi budaya melalui pendekatan site-spesific, repertoar-arsip dan spekulatif. Saat ini, Suma tertarik menelusuri dinamika tradisi Bali, pariwisata, serta perjumpaan lintas budaya masyarakat yang beroperasi di sekitarnya. Ia juga tengah berupaya mendorong pengembangan riset artistik pertunjukan melalui Mulawali Institute, sebuah forum kolaboratif yang didirikan sejak 2019.

 

Adapun karya dan riset artistiknya, sempat dikembangkan dan dipresentasikan dalam sejumlah program seperti Sekolah Urbanis Rujak Center for Urban Studies, Tukar Tangkap Koreografi Indonesia kerjasama Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta; Yayasan Kelola, Artjog Weekly Performance Explanatory, Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia, OpenLab Teater Garasi, Mimbar Teater Indonesia V, Festival Teater Tubuh Indonesia II Payung Hitam Foundation, serta Ubud Writers and Readers Festival. Sementara esai seputar pertunjukan, dipublikasikan secara berkala pada kolom Teater dan Sebagainya di media tatkala.co. Pada 2021, Suma menerbitkan buku kumpulan lakon perdana bertajuk “Pameran Diplomatik Bali dan Kenyataan-kenyataan yang Diingkari”.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X