/   
Ruang Kreatif Degil
Medan

Sumatra Utara

Alamat Email: degilproduction@gmail.com

Sejak didirikan pada tanggal 21 Juli 2018, Ruang Kreatif Degil telah menjadi salah satu ruang kolektif yang banyak memunculkan para seniman dari kota Medan. Pada mulanya, para pendiri, Citra Hasan yang berbasis di dunia pendidikan dan Tengku Arif yang berbasis pada musik indie movement, mencari sebuah rumah kontrakan di kota Medan dengan harapan bahwa ruang ini dapat menjadi wadah berkreatifitas, bertukar pikiran, berjejaring, dan saling dukung antar sesama pemusik indie di kota ini. Seiring waktu, para pelaku dan penikmat seni ternyata memiliki keterkaitan yang tak dapat dipisahkan, begitu pula dalam soal seni itu sendiri, ketika musik juga ternyata turut berkelindan dengan genre kreatif lainnya, seperti seni lukis, sastra, hingga sampai ke manajemen pertunjukan.

 

Di ruang ini ada sebuah perpustakaan karya sastra Indonesia dan terjemahan dari berbagai negara, kafe minuman teh artisan dan kopi yang dikenal akan varian tehnya yang unik dan menarik, studio rekaman audio (home recording) bernama Ringo Records yang mengerjakan rekaman dan aransemen musik dari berbagai solo maupun grup/band dari berbagai genre, ruang-ruang bekerja (work space) yang bisa digunakan untuk berdiskusi, lokakarya, kelas-kelas, dan studio, gerakan meleburnya para penyair dan pemusik bernama Hujan Kata-Kata yang rutin menyelenggarakan mimbar bebas berkata-kata di tiap akhir pekan dan telah menelurkan album puisi dan musik volume I juga sekarang sedang mengerjakan album volume II, dan komunitas perempuan bernama SIRKAM (Sirkulasi Kreasi Perempuan) yang juga kerap terlibat dan menginisiasi kegiatan-kegiatan tentang perempuan seperti pagelaran seni perempuan, workshop ibu jamu, workshop kriya, dan lain-lain.

 

Ruang Kreatif Degil ini juga kerap melakukan kegiatan-kegiatan seni budaya, seperti pertunjukan musik (menyelenggarakan gigs di halaman kecilnya dengan tajuk Degil Unplugged dan Degil Plugged), workshop musik dan kriya, kelas visual seperti penggunaan piranti lunak untuk video, kelas menulis fiksi, diskusi tentang musik, seni, pendidikan, dan sosial, aktivitas bedah buku, bahkan screening film (menonton bersama dan membahas film). Pada tahun 2021, Ruang Kreatif Degil melalui tim Ringo Records meraih Pemenang Utama dalam Kompetisi Cipta Lagu Dendang Rempah Nusantara yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan judul lagu “Rempah-Rempah Nusantara”.

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X