/   
Widie Nurmahmudy
Banyuwangi

Jawa Timur

Website / Blog URL: https://www.kampungbatara.id

Widie Nurmahmudy  adalah pendiri Sekolah Adat Kampoeng Baca Taman Rimba (Batara), sebuah wadah pendidikan alternatif di Kampung Papring, pinggir hutan Banyuwangi. Kegiatannya seperti menjaga Seni Budaya dan adat tradisi terjaga melalui pendidikan. Juga melestarikan permainan tradisional, musik tradisional, hingga menjaga kearifan lokal di Kampung Papring.

 

Tak hanya fokus pada kegiatan pendidikan, bersama Kampoeng Batara. Widie turut mengkampanyekan produk kerajinan tangan berbahan dasar bambu produksi warga setempat untuk menunjang perekonomian mereka sekaligus mengedukasi agar ramah lingkungan.

 

Atas kepedulian Widie terhadap pendidikan dan pelestarian budaya, Ia mendapat bermacam penghargaan seperti Inovator di Bidang Pendidikan 2018, Pelopor Edukasi Inspiratif 2020, Tokoh Inspiratif 2021 dan Pelopor Permainan Tradisional 2021. Widie juga dinobatkan sebagai Tokoh Adat Pendukung Keaksaraan Dasar pada Komunitas Adat Terpencil dari Kementerian Pendidikan Riset dan Kebudayaan RI beserta Gubernur Jawa Timur pada tahun 2021.

 

Dulu, Widie berprofesi sebagai jurnalis dan pernah mendapat penghargaan Jurnalis Inspirasi Piala Merak pada tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

 

Saat ini, Ia terus berproses, bagaimana kebanggaan terhadap kampung melalui pengelolaan sumber daya alam dan manusia berlanjut, tentunya, melalui pendidikan. Baginya, “Semua Orang Adalah Guru Alam Raya Sekolah Ku.”

Tulisan Terbaru
Ayo Percepat Perubahan

Bayangkan Indonesia jadi tempat semua orang bisa mendapat manfaat maksimal dari seni — kita jadi bangsa yang lebih logis, kritis, imajinatif, inovatif, dan toleran. Seni jadi bagian terpadu dalam pendidikan dan segala kegiatan bermanfaat. Anda bisa membantu Koalisi Seni mendorong perubahan itu agar lebih cepat terjadi. Klik tautan ini untuk tahu caranya:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X