/   Kabar Anggota, Kabar Koalisi Seni

Jakarta – Pada 2019 dan 2020, Siti Wahyatun dan Nadhira Safa Kirana bergabung dengan Sekretariat Koalisi Seni sebagai pemagang. Keduanya adalah mahasiswi. Yang pertama, akrab dipanggil Sitiw (sebelah kiri dalam foto di atas), kuliah di Jurusan Ilmu Hukum Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera dan magang pada Juli-Agustus 2019. Sedangkan Nadhira (sebelah kanan dalam foto di atas), mahasiswi Manajemen UPN Veteran, membantu Koalisi Seni dalam periode Februari-Mei 2020.

“Saat magang, saya bertugas menyisir dan mendata peraturan yang berkaitan dengan seniman di berbagai daerah anggota Koalisi Seni. Pengalaman itu merupakan pencapaian sekaligus juga menambah pemahaman saya terkait posisi seniman dalam kebijakan di Indonesia,” kata Sitiw.

Menurutnya, “Magang di Koalisi Seni juga membuat saya memahami permasalahan-permasalahan yang sering dialami seniman. Serta, saya mengetahui lebih banyak lagi karya dari seniman-seniman keren di Indonesia.”

Sementara itu, Nadhira menyatakan banyak sekali cerita seru semasa magang karena semuanya terasa baru baginya. “Mulai dari ikut workshop, kunjungan ke anggota, sampai ikut diskusi. Selain itu, selama menuliskan profil anggota, aku jadi ikut belajar dan mengeksplorasi banyak hal tentang ekosistem seni. Aku baru sadar kalo cakupan seni seluas itu,” tuturnya.

Saat berkunjung ke salah satu anggota Koalisi Seni, Nadhira jadi tahu bahwa pelaksanaan proyek seni membutuhkan dana tak sedikit. Bahkan, seniman kadang harus memakai uang pribadi mereka. “Tapi ya memang disayangkan sih kalo ide-ide keren mereka nggak diwujudkan dan dikelola dengan baik. Semoga semakin banyak orang yang menghargai seniman keren, ya! Karena memang effort yang mereka keluarin gak main-main. Aku pun salut sama Koalisi Seni yang nggak henti-hentinya memperjuangkan kehidupan seni yang lebih baik,” ujarnya bersemangat.

Nadhira merasa upayanya membagi waktu dan energi sebagai salah satu pencapaian semasa magang. Selain kuliah dan berorganisasi, magang ikut memakan waktu dan energinya. Satu waktu, ia perlu menyicil setoran 20 tulisan profil anggota dalam seminggu, sedangkan minggu depannya Ujian Tengah Semester.

“Tapi akhirnya lumayan bangga sama diri sendiri karena semuanya terselesaikan dan tercapai. Terima kasih Koalisi Seni, sudah kasih aku kesempatan buat jadi pemagang keanggotaan. Terima kasih juga buat ilmu-ilmunya,” kata Nadhira.

Secara berkala, Koalisi Seni membuka kesempatan magang bagi mereka yang ingin merasakan bekerja dalam satu-satunya lembaga advokasi kebijakan seni. Pembukaan kesempatan magang selalu diumumkan melalui website maupun media sosial Koalisi Seni di Instagram, Facebook, dan Twitter. Silakan ikuti media sosial Koalisi Seni agar selalu update soal kabar kesempatan magang ini. (Bunga Manggiasih)

Tulisan Terbaru

Leave a Comment

Dukungan Untuk Koalisi Seni

Dukungan publik adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan upaya Koalisi Seni mendorong terwujudnya ekosistem seni yang lebih sehat. Bagaimana Anda bisa membantu agar Koalisi Seni secara berkelanjutan dapat melakukan advokasi kebijakan? Klik tautan berikut untuk mendukung Koalisi Seni:

Silakan ketik dan tekan enter untuk mencari

X